Minggu, 18 November 2018

Jika Ada Pungutan Saat Melamar Kerja, Datangi Langsung Dinsosnakertrans

ILUSTRASI

ILUSTRASI

Oleh: Yumi Kalsum

CIANJUR – Mendengar kabar simpang siur yang berkembang di masyarakat soal banyaknya pabrik yang membuka lowongan pekerjaan, Kepala Seksi Bina Lembaga Usaha Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Cianjur, Ahmad Ubaidillah menegaskan, hingga saat ini pabrik yang membukan lowongan besar-besaran hanya PT Pou Yuen di Jalan Raya Bandung, Kabupaten Cianjur.

Ahmad menyebutkan pabrik sepatu ini tengah membutuhkan 15 ribu karyawan. Persyaratannya menyerahkan berkas lamaran yang dilengkapi fotokopi KTP, dua lembar pas foto 2×3, 3 lembar pas foto 4×6, SKCK serta ijazah terakhir.

“Untuk ijazah, laki-laki lulusan SMK dan perempuan lulusan SMA,“ ujarnya saat dihubungi sepertiini.com, Senin (12/1/2015).

Ahmad membenarkan persayaratan awal yang diinformasikan dibutuhkan pelamar lulusan SMP. Namun sekarang sudah diubah pihak PT Pue Yuen. Lamaran tersebut, lanjut Ahmad, langsung diserahkan ke Kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Jalan Raya Bandung.

“Jadi, berkas lamaran akan ditampung ke Disnaker terlebih dahulu, kemudian PT Pou Yuen akan mengambil berkas tersebut untuk diseleksi. Kami hanya memfasilitasinya seperti itu,” bebernya.

Soal pungutan, Ahmad menegaskan tidak pernah ada aturan untuk mengeluarkan biaya apapun. Untuk lebih jelasnya soal informasi yang berkembang di masyarakat, Ahmad menyarankan untuk langsung datang menemuinya.

“Saya jelaskan tidak ada pungutan sama sekali, mungkin pungutan itu yang tidak melalui kami. Makanya saya sampaikan bahwa sampai saat ini baru PT Pue Yuen yang membukan lowongan. Informasi itu agar para pencari kerja tidak tertipu dengan pungutan tak jelas,“ terangnya.

Mengenai besaran upah, Ahmad menyebutkan setiap perusahaan manapun di Cianjur harus menggaji karyawannya sesuai dengan UMK Cianjur sebesar Rp1,6 juta. “Namun kalau karyawan bekerja lebih dari setahun, upah yang diterimanya tergantung kebijakan perusahaan,” pungkasnya.(gg)

3 Responses

  1. Opan Sopandi12 Januari 2015 15:25 at 15:25Reply

    jdi cwo lulusan SMA gam bsa mauk ya :(

  2. Opan Sopandi12 Januari 2015 15:26 at 15:26Reply

    jdi cwo lulusan SMA ga bsa masuk ya :(

  3. Sandi8 Mei 2015 12:39 at 12:39Reply

    no tlpn pak ahmad nya brapa ya

Tinggalkan Balasan