Senin, 24 September 2018

Eksotika Curug Citambur, Pesona Bidadari dari Kahyangan

Curug Citambur Cianjur

Curug Citambur. NANANHERMAWAN/SEPERTIINI.COM

Oleh: Nanan Hermawan (WP)

EKSOTIKA alam Cianjur selatan salah satunya berwujud pada Curug Citambur. Lokasinya yang menantang, layak dijadikan pilihan untuk menggelar berbagai kegiatan. Curug di lahan milik Perhutani ini berada di Desa Karangjaya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur ini perlahan-lahan mulai membuka diri dengan menerima pengunjung dari berbagai tempat.

Untuk mencapai lokasi, ada dua jalan yang bisa ditempuh dengan jarak yang berbeda. Jika menjangkau dari pusat kota Cianjur, pengunjung harus menempuh jarak 85 kilometer, sedangkan dari Kabupaten Bandung lebih ringkas sejauh 50 kilometer. Dua jalur ini sama-sama memberikan sensasi yang tak terlupakan.

Pemandangan berupa gunung dan hutan perawan yang terjaga kelestarianaya bak ajakan bidadari untuk bersuguhan yang nikmat disantap mata. Apalagi saat tiba di curug yang berketinggian kurang lebih 100 meter ini, kesejukan alam langsung menyergap.

“Silakan datang dan nikmati suasana alam yang masih alami, kalau saya banyak bicara khawatir melebih-lebihkan,” jelas pengelola Curug Citambur, Yuceu. Kebanyakan pengunjung teridentifikasi dari kalangan penikmat yang membutuhkan ketenangan di hawa sejuk dengan pemandangan alam yang asri.

“Di sini, Curug Citambur sangat cocok bagi yang ingin mengadakan acara reunian atau kemping, atau kegiatan umum bahkan sekolah. Karena di sini tersedia tempat kemping area. Bahkan bagi yang mau menginap sudah tersedia tempat peristirahatan meski masih sederhana,” jelasnya.

Pesona curug Citambur kian termanifestasikan dengan hadirnya objek Raya Soro. Ini adalah rawa yang indah dengan air yang jernih dan ribuan ikan koi yang selalu muncul ketika pengunjung datang. Untuk menjangkau objek ini, pengunjung tidak usah capek-capek jalan kaki, di lokasi disediakan dua sepeda air untuk para pengunjung yang ingin berkeliling mengitari Rawa Soro.

“Silakan saja datang, ” tambah Yuceu sambil menambahkan, walau belum terlalu terkenal tapi pengunjung per pekannya mencapai 100 orang. Sementara untuk memasuki lokasi pengunjung dikutip harga murah, Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp25.000 untuk mobil. (tm)

3 Responses

  1. Windu R22 Februari 2015 15:47 at 15:47Reply

    Siap2 di agendakan berarti kalau dari jakarta mending melalui bandung lebih dekat. Curug Citambur tunggu kedatangan kami.

  2. Nigar22 Februari 2015 18:46 at 18:46Reply

    Wiiis kabitaa … Urg cianjur acan pernah kadinya duh ngerakeun pisan ..

  3. aa yana23 Februari 2015 21:07 at 21:07Reply

    oke

Tinggalkan Balasan