Senin, 16 Juli 2018

Ikan Mas Sebesar Pintu Rumah dan Sejuta Karang di Rawa Sukamanah

SEJUTA KARANG

SEJUTA KARANG: Rawa Sukamanah di Kampung Sukamanah, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tanggeung, Cianjur Selatan ini memiliki banyak daya tarik untuk dikunjungi. Selain banyak mengandung kerang, pengunjung juga bisa sesukai hati memancing ikan dengan keindahan alam dan udara sejuknya.NANANHERMAWAN(WP)/SEPERTIINI.COM

Oleh: Nanan Hermawan (WP)

CIANJUR – Rawa Sukamanah, namanya memang tak sepopuler tempat-tempat wisata di Cianjur lainnya seperti Waduk Jangari dan Situs Megalitikum Gunung Padang, namun rawa yang terletak di Kampung Sukamanah, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tanggeung, Cianjur Selatan ini memiliki banyak daya tarik untuk dikunjungi.

Memiliki luas 10 hektar dengan kedalaman 5-50 meter, Rawa Sukamanah membentang di tengah pesawahan dan pemukiman warga yang berada tepat di bawah Gunung Sirnajaya. Sesuai dengan namanya Sukamanah yang memiliki arti “suka hati,” setiap pengunjung yang datang bisa bermain sesuka hati tanpa dipungut biaya apapun.

“Iya, semua pengunjung bisa sesuka hati menikmati Rawa Sukamanah. Tidak seperti tempat wisata lain ada pungutan masuk, di sini bebas-bebas aja,“ ujar salah seorang warga sekitar yang warung di dekat Rawa Sukamanah, Ali Mansur (70) kepada sepertiini.com.

Salah satu yang menjadi daya tariknya, di Rawa Sukamanah ini terkandung banyak kerang. Warga setempat menyebutnya kijing (kerang air tawar) dan remis (kerang kecil). Tanpa ada pungutan apapun, semua pengunjung yang datang bisa sesuka hati mengambil kerang.

Jika ada pengunjung yang enggan mengambilnya sendiri karena harus turun ke air, mereka bisa memakai jasa anak-anak kecil yang kerap nongkrong di sekitar rawa dengan memberikan sedikit imbalan.

“Kalau mau ngambil kerang sendiri juga gampang kok, kerang itu hidupnya bergerombol. Jadi kalau menemukan satu, pasti ada kerang lainnya berkumpul. Bisa mengambil banyak karena pertumbuhan kerang di sini sangat melimpah. Tapi kalau malas, bisa minta tolong ke anak-anak dengan memberikan uang seikhlasnya,“ kata Ali.

Selain kerang gratis, para pengunjung juga bisa memanfaatkan waktu dengan memancing ikan gratis. Dengan pemandangannya yang indah dan udara sejuk, mancing di Rawa Sukamanah dijamin menyenangkan.

“Selain kerang, di sini juga banyak sekali ikannya. Ada ikan mas, nila, beunteur dan banyak lagi,“ ucapnya.

Nah, selain kerap dijuluki dengan rawa sejuta kerang, Rawa Sukamanah ini juga dikenal dengan beragam mitos. Semua orang memang bebas memancing, namun ketika si pemancing mania bisa menangkap atau melihat ikan berukuran besar, biasanya mereka langsung melepaskannya lagi dan menghentikan aktivitas mancingnya.

“Kalau ada ikan besar sebesar pintu rumah, warga di sini menyebutnya dengan “kawenehan” atau penampakan. Warga di sini menganggapnya ikan besar itu bukan ikan sembarangan, jadi kalau ada kejadian itu, ya mending berhenti aja. Tapi pada intinya di sini aman asal tak berbuat macam-macam saja,“ jelasnya.

Sementara itu, warga asal Tanggeung yang sering berkunjung ke Rawa Sukamanah, Asep Sunandar (25) mengaku sering berkunjung ke rawa sejuta kerang dan mitos ini. Selain nyaman, setiap pulang berkunjung juga bisa membawa olh-oleh berupa kerang untuk keluarganya.

“Sumber PDAM juga airnya dari sini. Rawa ini sangat bermanfaat bagi warga Cianjur Selatan. Semoga ada bantuan dari pemerintah agar rawa ini bisa dijadikan tempat wisata yang banyak dikunjungi. Mudah-mudahan juga, akses jalan yang rusak bisa segera diperbaiki,“ pungkasnya.(gg)

No Responses

Tinggalkan Balasan