Minggu, 18 November 2018

Baru Tujuh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat Berserifikat Halal

muiOleh: Herry Febriyanto

SUKABUMI – Rencana Pemkot Sukabumi menjadi Kota Halal seiring target yang dicanangkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat yang menjadikan Jawa Barat Provinsi Halal Tahun 2015.

Untuk mewujudkannya, MUI menargetkan sebanyak 3.000 UMKM mendapatkan sertifikat halal dari LP POM. Target ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.500 sertifikat.

“Kita mendapatkan bantuan dari Gubernur Jabar untuk pembuatan sertifikat tersebut,” ujar Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, HM Rafani Akhyar, Minggu (29/3/2015).

Hanya saja, lanjut Rafani, target ini tidak dibarengi jumlah auditor. Saat ini hanya memiliki sebanyak 12 orang dari idealnya 20 auditor.

“Makanya kami akan melakukan perekrutan khusus auditor, meski tidak mudah untuk mendapatkannya,” katanya.

Terkait dengan kota dan kabupaten halal, jelas Rafani, MUI Jawa Barat melalui LP POM akan mengeluarkan predikat halal apabila 30 persen dari UMKM sudah mendapatkan sertifikat halal.

“Sertifikat halal memiliki fungsi ganda yakni untuk menjamin keamanan konsumen, serta sebagai alat promosi,” tandasnya.

MUI Jabar, sambungnya,  sudah memberikan predikat halal kepada tujuah kota dan kabupaten di Jawa Barat di antaranya Kota/Kabupaten Bogor, Cimahi, Indramayu, Subang, serta dua daerah lainnya.

No Responses

Tinggalkan Balasan