Minggu, 18 November 2018

Bantuan Korban Longsor Menggunung di Gudang Balai Desa

bantuan-logistikOleh: Heri Febriyanto

SUKABUMI – Bantuan logistik dari para donatur bagi korban tanah longsor di Kampun Cimerak, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, terlihat masih tertumpuk dan terkumpul di Posko Bencana Balai Desa Tegal Panjang, Jumat (10/4/2015).

Pantauan sepertiini.com, bantuan logistik seperti karpet, pakaian bekas, selimut, mie instan, beras dan lainnya masih menggunduk di dua ruangan di aula balai desa. Beberapa petugas pendistribusian bantuan saat di konfimasi mengatakan, belum didistribusikannya bantuan logistik tersebut kepada korban bencana karena bantuan dari BNPB dan BPBD masih ada.

“Kalau sudah habis, baru bantuan dari para donatur kita distribusikan ke korban atau warga yang tidak mampu,” ujar salah seorang petugas. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo saat dikonfirmasi hal tersebut mengaku, pendistribusian logistik bagi korban bencana saat ini sudah merupakan kewenangan tim yang dibentuk oleh desa dan kecamatan.

“Ketika sudah tujuh hari, distribusi bantuan di lakukan tim bentukan aparat desa dan kecamatan,” ungkapnya. Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukabumi Yana Fajar disela-sela mendampingi penyerahan bantuan bagi korban bencana mengaku prihatin dan mempertanyakan kenapa dibiarkan menumpuk serta tidak segera di distribusikan.

“Mestinya bantuan tersebut segera didistribusikan, karena berbagai pihak yang memberikan bantuan sudah percaya dan yakin segera didistribusikan kepada korban,” katanya.

Dirinya khawatir jika tidak segera didistribusikan beberapa bahan makanan seperti beras dan mie instan akan rusak, jangan sampai muncul pertanyaan kenapa tidak segera didistribusikan. (hf)

No Responses

Tinggalkan Balasan