Sabtu, 23 Maret 2019

Stok Darah di PMI Cianjur Menipis Jelang Puasa

stok-darah-pmi-cianjurOleh: Joy Parjoni

CIANJUR – Memasuki bulan suci Ramadhan, stok darah yang ada di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Cianjur  mulai menipis.

Padahal, setiap bulan Ramadhan selama ini, kerapkali terjadi peningkatan permintaan darah.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di UDD PMI Kabupaten Cianjur  menyebutkan saat ini, stok darah terdapat 457 kantong.

Rinciannya, golongan A ada 101 kantong, golongan B ada 170 kantong, golongan O ada 154 kantong, dan golongan AB ada 53 kantong. Sedangkan kebutuhan darah Cianjur setiap bulannya 1.050 sampai 1.200 kantong.

“Stok darah memang yang sekarang ada masih cukup hingga akhir bulan ini, Namun untuk awal bulan Juli nanti yakni pertengahan Ramadhan Kami saat ini masih terus melaksanakan kegiatan Donor Darah,” terang Kepala Bagian Pelayanan Darah PMI Kabupaten Cianjur Anisa Pujiyanti kepada sepertiini.com, Rabu (10/6/2014).

Pada saat Ramadhan lanjut Nisa sapaan akrabnya,, tren masyarakat mendonorkan darahnya biasanya menurun. Itu mungkin karena masyarakat takut terganggu puasanya apabila melakukan Donor Darah.

“Kendati terjadi penurunan pendonor selama Ramadhan, untuk menutupi kekurangan stok darah itu, Kami membuka pelayanan donor darah malam hari. Mungkin setelah pelaksanaan Salat Tarawih serta melaksanakan kegiatan donor darah keliling (mobile) ke sejumlah titik menjelang buka puasa. Dan Jika ada lembaga atau organisasi ingin berdonor darah di tempatnya kami siap melayani di tempat sebagai manajemen sehingga kami bisa jemput bola,” pungkasnya. (jk)

No Responses

Tinggalkan Balasan