Minggu, 18 November 2018

Berkah Puasa Dari Segarnya Air Dawegan

penjual-daweugan

Pepe Syafe’i (52) saat mengambil kelapa dari pohonnya, Rabu (17/6/2015).SEPERTIINI.COM

Oleh: Sandi Hermawan

CIANJUR -Memasuki Bulan Suci Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk melihat peluang bisnis musiman. Moment ini tidak dilewatkan begitu saja oleh warga Kampung Tangkil Desa Babakan Karet Cianjur. Pepe Safei (52) yang sejak 3 hari kebelakang sudah menyetok dawegan (kelapa Muda) yang langsung mengambil sendiri dari pohonnya.

Bersama anaknya, Pepe terlihat sangat cekatan naik ke pohon kelapa hingga keatasnya begitu diatas Pepe pun mengikatkan tambang lalu menebas pohon dimana kelapa itu menggantung. Dibawah anaknya sudah siap mengerek tambang untuk menurunkan kelapa yang sudah diikat bersama manggarannya satu per satu manggaran pun turun dari pohonnya.

“Pada saat Ramadhan biasanya dawegan ini diburu warga untuk buka puasa. Maka dari itu saya menyiapkannya agar pada saat puasa nanti tidak terlalu capek untuk memanjatnya,” ujarnya kepada sepertiini.com usai mengambil kelapa dari pohonnya Rabu (17/6/2015).

Dalam sehari Pepe mengungkapkan, dirinya dapat memanjat hingga 20 pohon kelapa “Malah bisa lebih Jang (panggilan kepada anak laki-laki dalam bahasa Sunda), tergantung jaraknya kalau pohonnya pada dekat dan ke pinggir jalan juga dekat itu bisa lebih. Yang paling berat itu mengangkut nya dari galengan sawah ke pinggir jalan. satu manggar beratnya bisa 30 hingga 40 kilo tergantung banyak buahnya,” ungkapnya.

Dua minggu sebelum puasa lanjutnya, Pepe sudah berkeliling mencari pohon kelapa lalu mendatangi satu per satu yang punya apabila yang punya nya mau dijual disitu juga langsung di kasih panjeur (boking)

“Harga beli dari pohon, per satu butir kelapa Rp1500, sama mengangkut bisa sampai 2000 sampai 2250 han dan saya jual di kampung itu ke warga Rp4000,” tuturnya.

Pepe menambahkan, selama bulan puasa dirinya mampu menjual hingga 2500 butir kelapa muda “Alhamdulillah berkah Ramadhan Jang, dengan berjualan kelapa muda bekal selama bulan puasa bisa tercukupi,” katanya.

Jadi bagi anda yang berada di sekitar Kota Cianjur dan mencari dawegan segar untuk berbuka puasa, bisa datang ke Kampung Tangkil Kidul “ya boleh Jang kalau mau mah datang saja nanti di depan ada Pos Gardu tanya saja nama Wa Epe sudah pada tahu ko,” pungkasnya. (jk)

No Responses

Tinggalkan Balasan