Minggu, 18 November 2018

PMI Cianjur Siap Layani Arus Mudik 2015

posko-pertolongan-pertama-pmi

IST

Oleh: Hendra Herawan

CIANJUR – Meskipun mudik lebaran tergolong masih cukup lama akan berlangsung, namun langkah preventif telah dipersiapkan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur. Salah satunya mulai dengan mempersiapkan tim kesehatan serta meninjau lokasi yang nanti akan menjadi Posko (Pos Komando) pertolongan PMI Kabupaten Cianjur.

“Kami telah mempersiapkan tim untuk Posko Pertolongan Pertama pada arus mudik nanti Posko tersebut akan ditempatkan di titik-titik rawan kecelakaan. Yakni mulai dari Terminal Pasirhayam, Jalan Cianjur Sukabumi (Gekbrong), Jalan Raya Cipanas (Cugeunang) dan berapa tempat lainya,” Ujar Kepala Markas PMI Kab. Cianjur Hery Hidayat (43) kepada sepertiini.com. Rabu (17/6/2015).

Dalam kegiatan di Posko mudik 2015 nanti Herry memaparkan, petugas PMI akan memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan, khususnya kecelakaan lalu lintas.

“Jadi Petugas PMI yang pertama kali tiba ditempat kejadian akan memberikan pertolongan segera, baik itu kepada penderita sakit maupun cedera/kecelakaan,” paparnya.

Sementara itu Staf Bidang Diklat dan SDM PMI Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna, SH, (29) mengatakan, Dalam pembukaan Pos Pertolongan Pertama (PP) PMI nanti pada arus mudik, PMI Cianjur akan menerjunkan beberapa Relawan yang membantu secara sukarela.

“Para Relawan ini sudah terlatih, berpengalaman dalam memberikan pertolongan pertama, mempunyai peralatan pertolongan pertama yang lengkap, yang sehingga dapat memberikan pertolongan pertama sesuai dengan standar pelatihan Pertolongan Pertama Nasional,” ungkapnya.

Tatang menambahkan, dalam setiap POS PP Arus mudik , akan melibatkan 5 Orang Anggota Korp Sukarela (KSR), satu unit mobil ambulance. “ Dan untuk penjagaan akan dibagi menjadi dua shif  yakni sang dan malam,” jelasnya.

Selain memberikan pertolongan pertama di Posko PP PMI nanti, juga akan ada pelayanan pemeriksaan kesehatan dasar, pelayanan ambulance, serta membagi Takjil bagi para Pemudik. “Yang jelas PMI Kabupaten Cianjur siap melayani para Pemudik 2015 nanti,” tegasnya (jk) 

No Responses

Tinggalkan Balasan