Senin, 16 Juli 2018

Ngabeberang Ngecrik di Sungai, Apapun Bisa di Dapat

ngecrekOleh: Sandi Hermawan

CIANJUR – Menunggu siang atau biasa disebut ngabeberang sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh warga Jawa Barat khususnya warga Cianjur saat sedang berpuasa. Berbagai hal pun dilakukan mulai dari pergi ke sawah hingga beres-beres halaman.

Kegiatan yang biasa dilakukan selepas melaksanakan Salat Subuh, Tadarus dan ibadah lainnya ini pun dimanfaatkan oleh kakek (78) tahun Dahri warga Desa bababakan karet dengan mengecrik di sungai kecil.

“Sapertos kie weh Jang dibatan kesel (seperti ini aja jang dari pada kesel),” ujarnya kepada sepertiini.com sambil mengambil ikan benter dari kecrikan yang didapatnya

Dirinya mengaku kegiatan ini sudah sering dilakukan khususnya di Shaum Ramadhan. “Selesai melaksanakan Salat subuh, Tadarus, kalau ga ada kerjaan ya nyusuri sungai sambil olah raga juga kan,”ungkapnya.

Tidak hanya mengecrik saja Dahri menambahkan, kadang juga mancing benter atau menyetrum di sungai.

“Paling menarik itu kalau di sungai mancing benter, sensasi menariknya itu dapat apabila umpan kita di makan. Dan juga waktu menjadi tidak terasa tahu-tahu sudah  jam 11 saja,” jelasnya.

Kegiatan ngabeberang ini dilakukan hanya sampe jam 10 atau 11, “ya kan namnya juga ngabeberang  jadi Jam 11 itu paling telat sudah kembali ke rumah dan siap-siap  untuk Salat berjamaah ke Masjid,” pungkasnya.

No Responses

Tinggalkan Balasan